Bakamla RI Bersinergitas Dengan Kodiklatal, Wujudkan SDM Unggul Penjaga Kedaulatan di Laut

2 min read

Surabaya- TabirNusantara.com Guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Penjaga Kedaulatan di Laut, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersinergitas dengan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), melalui Coast Guard Basic Training Personil Bakamla RI TA. 2024 yang diikuti sebanyak 137 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), bertempat di Lapangan Puslatdiksarmil Kodiklatal Surabaya. Rabu (15/05/2024).

Upacara pembukaan yang dipimpin oleh Sestama Bakamla RI Laksda TNI Tatit E. Witjaksono, ini juga dihadiri Direktur Data Info Bakamla RI, Laksma TNI Frandinanto Suwarno, Direktur Litbang Bakamla RI, Laksma TNI Budi Santoso, Kolonel Bakamla Ainur Rofiq, Kolonel Bakamla Andhik Indaryono, ⁠Kolonel Bakamla Lasmijan, dan Kolonel Bakamla Gugun S. Rachman.

Sedangkan Kodiklatal dihadiri oleh Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Askari, Dirlat Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Widodo, dan Komandan Puslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Irwan S.P Siagian, Paban II Ditdok Kodiklatal Kolonel Laut (S) Agung Putranto, Wadan Kodikopsla Kodiklatal Kolonel Laut (P) Edhi Supriyono, Wadan Kodikmar Kodiklatal Kolonel Mar Arif Rahman, serta pejabat terkait.

Dalam amanatnya, Sestama Bakamla RI mengatakan bahwa, Coast Guard Basic Training ini merupakan pelatihan yang Esensial dan Paripurna untuk membentuk kemampuan personil karakter yang memiliki kompetensi mental sebagai Penjaga Laut Nusantara.

Lebih lanjut, seiring dengan perkembangan lingkungan strategis dan ditetapkannya peraturan pemerintah Nomor 13 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan keamanan keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah Yurisdiksi Indonesia, Bakamla RI semakin tumbuh dan dipercaya pemerintah untuk menyelenggarakan patroli bersama yang melibatkan TNI AL, Polair, PSDKP bea cukai dan kplp dan patroli ini berada di wilayah kendali Bakamla RI.

“Semakin tingginya kepercayaan yang diberikan Pemerintah kepada Bakamla RI, sudah tentu perlu adanya personel yang kompeten dengan program pengembangan sumber daya personil di Bakamla RI, salah satu program pelatihan yang memberikan kepada seluruh personil Bakamla RI adalah Coast Guard Basic Training ini”, terangnya.

“Saya yakin dengan adanya Coast Guard Basic Training dapat mewujudkan kompetensi personal Bakamla RI sesuai standar yang diharapkan, bahkan mampu setara dengan jajaran komunitas Coast Guard manca negara. Sikap kerja yang proposional jiwa kepemimpinan dan kemampuan inovatif produktif, saya berharap dapat membentuk melalui kegiatan pelatihan ini, yang mewujudkan Bakamla RI sebagai Indonesian Coast Guard sebagai institusi penjaga keamanan dan keselamatan laut yang handal modern dan berkelas dunia”, pungkasnya.

(SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *