Senerbal Pusdiksus Kodiklatal Miliki Flight Simulator Karya Prajurit TNI AL

2 min read

Surabaya- TabirNusantara.com Sebuah karya yang diciptakan para prajurit TNI AL untuk meningkatkan kemampuan para Penerbang Muda TNI Angkatan Laut, Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo menyerahkan Flight Simulator kepada Sekolah Penerbang TNI AL (Senerbal) yang diterima langsung oleh Komandan Pusdiksus Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, bertempat di Selter Senerbal Juanda, Sidoarjo. Rabu, (18/10/2023).

Dalam acara yang dihadiri Danpuslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian, Komandan Senerbal Letkol Laut (P) Letkol Laut (P) Oscar Johanes Novie, Komandan Skuadron 200 Mayor Laut (P) Ruby Lisa Mochar, Komandan Skuadron 800 Mayor Laut (P) Iwan Purwanto, dan perwakilan siswa Penerbang sebanyak 15 siswa dari Dik Pabang TNI AL Angkatan 27, Dik Pabang TNI AL Angkatan 28 dan Dik Penerbang PSDP, serta para Instruktur Penerbang.

Mengawali sambutannya, Danlanudal Juanda menyampaikan bahwa simulator ini terinspirasi saat dirinya menjadi komandan sekolah. “Dan saat itu saya berfikir peralatan apa yang dapat membantu siswa dalam mendukung lattek terbang,” ujar Kolonel Heru, sapaan karibnya.

Flight Simulator ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan siswa sebelum menerbangkan langsung pesawat udara. Simulator ini dibuat dengan biaya yang tidak mahal dan programnya mudah, dalam mencipatakannya dibantu dua personel yaitu Pasops Lanudal Juanda Mayor Laut (P) Febriyanto Adi Nugroho, beserta Dan Flight IV Skuadron 800 Wing Udara 2 Puspenerbal Mayor Laut (E) Imam Hariadi.

“Peralatan tersebut kita desain dan rangkai sendiri, dan ternyata syukur Alhamdulillah setelah jadi alat tersebut di uji cobakan dengan Instruktur Senerbal, hasilnya alat ini sangat membantu bagi para siswa Senerbal. Khususnya bukan terbang secara teknis, tetapi tebang dengan cara bernavigasi dengan baik. Dengan real time dan dimensi yang betul-betul 3D nya kelihatan. Disitulah kita bisa terbang instrum, selanjutnya keunggulan alat simulator ini, dengan memasukan data pesawat-pesawat udara TNI AL jenis terbaru ternyata bisa di programkan dengan alat ini,”ungkap Kolonel Heru.

Sementara itu, Danpusdiksus mengatakan bahwa ini suatu hal yang bagus, niatan yang baik, dan Inovasi yang luar biasa dari Danlanudal Juanda. “Kemarin sore setelah melihat uji coba flight simulator, alat ini sangat dibutuhkan oleh para penerbang terutama para siswa Dikpabang alat ini bisa meminimalisir suatu kesalahan, tetapi sesudah mahir memanfaatkan simulator, maka accident menjadi jauh lebih kecil dan mendekati zero, ” terang Danpusdiksus.

“Kita doakan niatan baik Danlanudal menjadi contoh buat para penerus. Sebagai Danpusdiksus beserta jajaran mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuannya, oleh karena itu jangan bertanya apa yang organisasi berikan kepada kita, tetapi apa yang telah kita berikan kepada organisasi, sehingga kedepan para penerbang TNI AL bisa lebih baik, keberhasilan suatu organisasi adalah bagaimana mendidik prajurit TNI AL jauh lebih baik dari sebelumnya,” papar Kolonel Gering.

(SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *